Jumat, 06 Juli 2018

Review Penerapan Teknologi Informasi


Belanja kini menjadi gaya hidup yang hampir setiap hari dilakukan oleh masyarakat. Berikut adalah cara berbelanja dari dahulu sampai sekarang.
1.      Barter
Barter adalah kegiatan tukar-menukar barang yang terjadi sebelum adanya uang. Sejarah barter dapat ditelusuri hingga tahun 6000SM. Sistem ini pertama kalinya diperkenalkan oleh suku Mesopotamia yang diadopsi oleh Fenisia yang kemudian berkembang di Babilonia. Saat menggunakan sistem ini, terjadi kesulitan untuk menukarkan barang yang sesuai dengan kebutuhan. Hingga mendorong manusia untuk menciptakan kemudahan dalam hal menukar, yakni menggunakan uang sebagai alat tukar.
2.      Pasar Tradisional 
Saat muncul uang sebagai alat tukar, terciptalah transaksi jual beli antara penjual dan pembeli. Untuk memudahkan kegiatan ini berlangsung, muncullah pasar tradisional untuk memudahkan transaksi ini. Pembeli harus pergi ke pasar dan memilih barang yang diinginkan, penjual pun harus melayani pembelinya. Penjual biasanya menawarkan harga, lalu ditawar oleh pembeli. Sistem belanja seperti ini bahkan masih kita temui hingga sekarang.
3.      Pasar Modern
Seiring dengan perkembangan zaman, muncullah pasar modern seperti supermarket yang membebaskan pembeli untuk memilih dan mengambil barang sendiri. Harga yang diberikan oleh penjual pun tidak boleh ditawar. Namun, ada diskon dan promo menarik yang bisa dinikmati. Pembayaran dilakukan di kasir dengan metode pembayaran tunai, debit, atau dengan kartu kredit.
4.      PASAR ONLINE
Sekarang telah hadir pasar online yang sangat popular di jaman sekarang ini. Belanja online telah menjadi salah satu metode belanja yang sangat populer sejak internet telah berkembang dengat sangat pesat diseluruh dunia . Ada banyak individu yang mencari cara alternatif lain yang cukup menakjubkan dalam belanja dan pengiriman secara online hanya untuk memperbaiki metode tersebut. Dan salah satu PASAR ONLINE adalah LAZADA.

Profil Perusahaan LAZADA

Bisnis online di era serba cepat dan mudah sangatlah menguntungkan. Bisnis online yang menjual barang di internet salah satunya adalah situs lazada.com. Situs ini bergerak dalam bidang IT sebagai penyedia barang seperti elektronik, buku, mainan anak dan perlengkapan bayi, alat kesehatan dan produk kecantikan, peralatan rumah tangga, dan perlengkapan traveling dan olah raga. LAZADA Indonesia didirikan pada tahun 2012 dan merupakan salah satu cabang dari jaringan retail online LAZADA di Asia Tenggara Asia Tenggara Grup LAZADA International di Asia tenggara. Pada Januari 2012, jumlah karyawan LAZADA hanya 4 orang, dan pada bulan Agustus 2012 karyawan yang dipekerjakan naik menjadi 200 karyawan dan terus bertambah setiap bulannya.

Tom Damek selaku Managing Director di Indonesia enggan menyebutkan jumlah omset yang mereka dapatkan selama ini namun menurut tafsiran pengamat, omset LAZADA dalam sebulan mencapai milyaran rupiah. LAZADA mempunyai warehouse atau gudang seluas 2.500 meter persegi dan 5.000 meter persegi di Jakarta, hal ini merupakan upaya untuk mempertahankan pertumbuhan sebesar 20% setiap bulan. Hingga Desember 2012, LAZADA memiliki 13 kategori produk, dan lebih dari 3.000 subkategori. Total, perusahaan menjual 25.000 jenis produk. Pada tahun lalu, Lazada mendapatkan beberapa kali suntikan dana dari beberapa perusahaan seperti JP Mogan dan Kinnevik.

Selain Indonesia, LAZADA juga beroperasi di empat negara di Asia Tenggara, yakni Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina. Pada tahun lalu, LAZADA Indonesia memiliki kontribusi pendapatan terbesar yakni 30%, diikuti Thailand. Selain Indonesia, Lazada juga beroperasi di empat negara di Asia Tenggara, yakni Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina. Pada tahun lalu, Lazada Indonesia memiliki kontribusi pendapatan terbesar yakni 30%, diikuti Thailand.

Memproduksi :

LAZADA Indonesia adalah pusat belanja online yang menawarkan berbagai macam jenis produk mulai dari elektronik, buku, mainan anak dan perlengkapan bayi, alat kesehatan dan produk kecantikan, peralatan rumah tangga, dan perlengkapan traveling dan olah raga. LAZADA Indonesia didirikan pada tahun 2012 dan merupakan salah satu cabang dari jaringan retail online LAZADA di Asia Tenggara Asia Tenggara Grup LAZADA International di Asia Tenggara terdiri dariLAZADA Indonesia, LAZADA Malaysia, LAZADA Vietnam, LAZADA Thailand, LAZADA Filipina. Jaringan LAZADA Asia Tenggara merupakan cabang anak perusahaan jaringan perusahaan internet Jerman, Rocket Internet Rocket Internet. Rocket Internet merupakan perusahaan online incubator yang sukses menciptakan perusahaan-perusahaan online inovatif di berbagai belahan dunia. Berkantor pusat di Berlin, Jerman, proyek yang dimiliki Rocket Internet antara lain Zalando, TopTarif, eDarling, Groupon (sebelumnya CityDeal), dll

Sistem E-commerce pada perusahaan Lazada Indonesia 

Indonesia benar-benar menjelma menjadi surga bagi para penggiat bisnis E-commerce akhir-akhir ini. Tidak hanya pelaku E-commerce lokal, yang dari hari ke hari selalu mencatatkan nama baru di daftar panjang perusahaan E-commerce yang hadir di Indonesia, tetapi E-commerce­ asing pun tak ingin ketinggalan untuk merasakan atmosfer yang cukup baik ini
Pengertian E-commerce menurut Rainer and Ceigielsky adalah proses membeli, menjual, mentransfer, atau menukar produk, jasa, atau informasi via jaringan komputer, yang meliputi internet. secara singkatnya kita bisa mendeksipsikan e-commerce adalah transaksi berdasarkan proses dan transimisi data secara elektronik.

Beberapa perusahaan asal luar negeri pun sudah secara resmi menyatakan hadir di tengah-tengah masyarakat Indonesia secara langsung. Beberapa di antaranya menunjukkan keseriusan untuk menggarap pasar di Indonesia, salah satunya dengan cara membuka kantor perwakilan di Indonesia.

Salah satu contoh dari perusahaan yang menggunakan E-commerce adalah Lazada Indonesia. Lazada Indonesia (www.lazada.co.id) lebih berfokus kepada tipe e-commerce B2C atau Business to Customer karena tujuan utama perusahaan adalah menyerap customer individu yang melakukan transaksi di situs mereka. Dalam Business to Customer akan lebih terfokus bagaimana mekanisme dasar bagi pembeli untuk mengakses perusahaan tersebut di dalam sebuah web yang sudah disediakan oleh perusahaan. Setelah itu bagaimana pelayanan situs tersebut dan yang paling rumit adalah bagaimana menciptakan tantangan utama untuk penjualan. E-commerce memberikan pengalaman berbelanja yang sesungguhnya dengan dapat membeli dari rumah dan dapat dilakukan selama 24 jam dalamsehari, 7 hari dalam seminggu.

Lazada adalah jaringan e-commerce yang berpusat di Timur Tengah, tepatnya di Dubai, Uni Emirat Arab. Meskipun demikian jika dirunut-runut, ternyata Lazada sendiri masih merupakan bagian dari Rocket Internet yang berasal dari Jerman. Lazada sendiri menggunakan nuansa biru dan oranye yang mirip dengan tema yang digunakan oleh Amazon.
Berbeda dengan Zalora yang khusus berkutat dengan produk fashion, Lazada ini seperti yang sudah tertampil di situsnya bakal fokus untuk produk consumer electronic dan peralatan rumah tangga. Sejumlah merk terkenal telah terdaftar di Lazada Indonesia. Sama pula seperti Zalora, Lazada juga memberikan keunggulan antar gratis di wilayah Jakarta menggandeng Go-Jek. Tidak perlu heran karena CEO Rocket Internet Indonesia juga merupakan founder Go-Jek.
Perusahaan Lazada merupakan top online retailer di Indonesia. Lazada Indonesia adalah bagian dari network Lazada Asia Tenggara, dimana kehadirannya menandai awal berdirinya Lazada di negara-negara lain yaitu: Malaysia, Thailand, Philippine, dan Vietnam.
Perusahaan ini memberikan kesempatan kepada konsumen untuk membeli segala jenis produk yang berkaitan dengan elektronik, dekorasi rumah tangga hingga produk kesehatan dan kecantikan hanya dengan mengakses ke website yang telah disediakan. Produk pesanan akan di antar ke rumah-rumah konsumen dengan pelayanan kurir yang cepat dengan kualitas produk yang terbaru dan terbaik. Pembayaran juga dapat di lakukan dengan uang tunai bila tidak memiliki kartu kredit.

Tujuan dari perusahaan ini adalah menjadi salah satu belanja online yang paling top dan utama di Indonesia serta memberikan pelayanan kepada konsumen secara maksimal, memberikan inspirasi dalam belanja dan memberikan pengalaman kepada konsumen dalam memilih-milih produk online. Karyawan yang bekerja di perusahaan ini merupakan individu yangmempunyai jiwa kewirausahaan, karena mereka berasal dari sekolah bisnis terbaik dan perusahaan di seluruh dunia. Oleh sebab itu tidak diragukan lagi kualitas dalam pemberian pelayanan kepada konsumen yang akan di berikan secaramaksimal. Pelayanan yang Lazada berikan memiliki kelebihan tersendiri dalam pasar Indonesia, antara lain 
1.    Pilihan Produk Berkualitas yang beragam
Di Lazada Indonesia dapat dijumpai 12 kategori produk utama mulai dari peralatan rumah tangga, Elektronik rumah tangga, Handphone & Aksesoris, Kamera, Komputer, TV, Video & Audio, Mainan & Bayi, Kesehatan & Kecantikan, Tas & Koper, Olahraga & Otomotif, Musik & Instrumen, dan Buku.  
2.   Penawaran Khusus atau Promo Produk
Dalam belanja online seperti Lazada Indonesia juga sangat memperhatikan dinamika kehidupan masyarakat Indonesia. Berbagai penawaran istimewa dilakukan baik yang tidak bertema maupun yang disesuaikan degan tema. Ini tentu saja menjadi kelebihan dari belanja online karena eksekusi promo secara bersamaan antar tema dalam e_commerce lebih mudah dilakukan dibanding di dalam toko fisik.
3. Layanan Super Untuk Raja
Di dunia online anda adalah raja karena anda tinggal pencet telepon bila ingin menanyakan produk, atau complain mengenai layanan, anda tinggal klik, barang diantar, anda tinggal pilih model pembayaran, atau bahkan anda tinggal minta jam berapa barang harus diantar ke rumah anda, dll. Tidak perlu repot dengan senua hal yang ada dalam belanja konvensional.
Di Lazada Indonesia memiliki banyak layanan luar biasa atau layanan super antara lain :   
a.         Layanan Telepon Hotline
Anda dapat melepon ke nomor telepon yang tercantum di web.

b.   Gratis Biaya Kirim ke seluruh Indonesia
Kini Lazada Indonesia memeberikan gratis ongkos pengiriman di Indonesia bagian barat dan tengah, dengan minimum akumulasi pembelian sebesar Rp 200.000

c. Pengembalian barang dalam 14 hari
Lazada Indonesia memberikan waktu 14 hari kepada para pelanggan untuk melakukan penukaran barang atau pengembalian uang jika terdapat kerusakan atau ketidaksesuain barang pesanan.
pengembalian barang dilakukan dengan cara mengisi formulir online di website Lazada kemudian pengembalian barang akan diproses lebih lanjut. 

d.   Waktu Kirim
Walaupun belum menerapkan waktu kirim hari yang sama (same day delivery), tapi Lazada Indonesia sudah membuktikan kemajuan baik dalam hal layanan pengiriman. Kini pengiriman dilakukan dalam rentang waktu 2-6 hari ke seluruh Indonesia.

Walaupun mengalami hambatan dalam melakukan penjualan di awal – awal pembentukan Lazada Indonesia, pihak Lazada sangat merespon dengan sangat baik dengan melakuakn berbagai promo untuk menaikkan keinginan masyarakat berbelanja di dalam situs mereka. Sehingga jika melihat kesuksesan yang diraih oleh Lazada kita dapat menyimpulkan bahwa system E-commerce yang dibawa oleh perusahaan rocket internet dengan anak perusahannya yaitu Lazada sangat diminati oleh para konsumen.
Sedangkan untuk kekuranggan dari E-commerce Lazada Indonesia adalah :
1.      tidak menutup kemungkinan dari costumer yang berkunjung ke web ini dan meragukan integeritas dari situs E-commerce ini yang dikarenakan nomor customer yang dicantumkan di situs nerupakan nomor provider untuk telepon genggam yang dianggap sama kebanyakan situs / penjual produk bohonggan (penipuan) yang juga tersebar di internet. 
2.      Respon layanan konfirmasi pembayaran yang masih sedikit terlambat 
3.      Beberapa produk yang available stock di website ternyata out of stock di gudang
4.      Layanan M-Banking dan pembayaran kartu kredit yang belum memiliki integritas tinggi 

Keuntungan Belanja Online
1.      Hemat Waktu
 Apakah Anda memiliki daftar tertentu yang ingin Anda beli? Dengan hanya beberapa klik pada mouse komputer , Anda sudah dapat membeli pesanan belanja Anda dan langsung pindah ke hal-hal yang penting lainnya, yang dapat menghemat waktu.
2.      Menghemat Bahan Bakar
Salah satu keuntungan dari belanja online adalah bahwa anda tidak mempunyai  kebutuhan untuk membeli bahan bakar kendaraan, sehingga tidak ada pembelian bahan bakar yang diperlukan saat anda berbelanja seperti biasanya.
3.      Hemat Energi
Anda harus mengakui bahwa,  merupakan sesuatu yang  melelahkan saat  berbelanja dari satu lokasi dan pergi  ke lokasi lain. Dan apa yang lebih buruk adalah bahwa tidak ada stok yang tersedia untuk barang yang Anda ingin beli ketika sudah sampai disana. Dalam belanja online, Anda tidak perlu terlalu banyak membuang  energi yang berharga pada saat anda membeli.
4.      Perbandingan Harga
 Inovasi canggih dari mesin pencari memungkinkan Anda untuk dengan mudah memeriksa harga dan membandingkan dengan yang laing dengan hanya beberapa klik. Hal ini sangat mudah untuk melakukan perbandingan harga dari satu situs belanja online yang lain. Dan ini akan memberi Anda kebebasan dalam  menentukan toko online yang menawarkan item yang paling terjangkau untuk Anda beli.
5.      24 jam tersedia
 toko belanja online buka sepanjang 24 jam , 7 hari seminggu dan 365 hari dalam setahun. Hal ini sangat jarang jika anda  menemukan toko-toko ritel konvensional yang buka 24 jam sehari. Ketersediaan toko online memberikan Anda kebebasan untuk berbelanja dengan  kecepatan Anda sendiri dan kenyamanan.
6.      Tidak Harus Lama Menunggu Di Kasir
 Ketika membeli barang secara online, tidak ada garis panjang ketika anda akan membayar belanjaan anda di kasir. Ide belanja online adalah menebang kebiasaan buruk berdiri dalam antrean panjang dan hanya menunggu. Setiap toko online ini dirancang dengan fitur unik untuk pemesanan individu dalam atau ketika saat akan membeli item.
7.      Anda tidak malu-malu pada saat akan berbelanja
 Ada saat-saat ketika  Anda ingin membeli sesuatu yang luar biasa yang dapat sedikit memalukan jika dilihat oleh orang lain . seperti item seperti ornamen aneh , lingerie yang seksi, mainan dewasa , dll belanja online , Anda tidak perlu malu ; dengan transaksi online ,Anda pada dasarnya dilakukan secara pribadi .
8.      Mudah Dalam Mencari Merchandise
 Anda dapat mencari barang tertentu yang meliputi nomor model , gaya , ukuran , dan warna yang ingin Anda beli. Selain itu, anda juga mudah untuk menentukan apakah produk yang tersedia atau produk yang kehabisan stok .
Kerugian Belanja Online
Namun, tidak semuanya berbelanja secara online dapat atau selalu menguntungkan.  Pasti ada hal atau sesuatu yang kurang . Dengan berbelanja Online , Jika ada keuntungan, kemungkinan besar juga akan ada kekurangan. Meskipun keberhasilan dalam pembelian melalui toko belanja online cukup mengagumkan , masih ada beberapa kelemahan yang pada umumnya banyak  orang mengeluh tentang hal tersebut,  yaitu :
1.      Anda tidak bisa secara langsung dalam memeriksa Item yang ingin anda beli
 Jika Anda adalah salah satu dari mereka , yaitu pembeli yang ingin menyentuh langsung , melihat, dan menguji produk secara pribadi, di belanja online, Anda tidak mampu melakukannya. Toko online hanya dapat menampilkan deskripsi produk dan foto dari barang, yang dapat menjadi kerugian bagi banyak pembeli  secara online.
2.      Anda Bisa Tertipu jika berbelanja di situs yang tidak terpercaya
Ada banyak toko online yang terpercaya, tetapi banyak pula yang hanya ingin menjebak calon pembeli untuk masuk ke jurang kenestpaan, atau pada intinya anda bisa tertipu jika berbelanja pada sebuah toko atau situs yang kredibilitasnya kurang meyakinkan atau tidak ada alamat jelas, testimoni di situs tersebut. Makanya, jika anda hendak berbelanja di toko atau situs online, lihat terlebih dahulu kredibilitas dan riwayat dari toko tersebut, apakah terpercaya atau tidak.
3.      Hilangnya Kepuasan Instan
 Tidak seperti membeli di toko-toko ritel, Anda dapat menggunakan produk langsung setelah Anda membelinya, yang tentunya dapat memuaskan perasaan anda . Namun, dengan belanja online , anda diharuskan membutuhkan kesabaran untuk menunggu item yang akan  tiba di depan pintu Anda sekitar 2 sampai 3 hari atau bahkan lebih lama tergantung pada lokasi Anda . Belanja secara online terus menjadi lebih populer dan meningkat setiap hari. Mengetahui keuntungan dari belanja online dan kekurangan adalah pengetahuan tambahan untuk banyak pembeli atau calon pembeli secara online yang sangat berguna sebelum berbelanja.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar